WISATA EDUKASI 2017 SMP LABSCHOOL JAKARTA

Wisata Edukasi Kelas 7

Kamis, 19 Oktober 2017

Pada hari ini siswa-siswi kelas 7 akan melakukan wisata edukasi ke Puspitek dan Skyworld. Sekitar jam 6.30, kita semua sudah berkumpul di halaman masjid. Tidak hanya kelas 7 yang akan jalan- jalan, tetapi kelas 9 juga akan jalan-jalan(menginap) di Highland. Halaman Masjid terasa sangat penuh karena ada 2 angkatan ditempat itu. Sebelum berangkat, kita mendengarkan sambutan dari Bapak Kasdi selaku ketua panitia wisata edukasi kelas 7 dan berdoa menurut kepercayaan masing-masing agar perjalanan ke tempat masing-masing lancar. Tepat pukul 7 kami menuju bis masing-masing. Karena saya kelas 7C, saya dan teman- teman saya menuju bis 3.

Di bis 3 kami diabsen oleh guru kami, yaitu Pak Adi. Setelah diabsen barulah kami memulai perjalanan. Saat perjalanan menuju Puspitek ada yang asik selfie-selfie, memakan snack yang diberi sekolah, ada yang sedang mendengarkan lagu, mengobrol dengan temannya, ada juga yang melihat pemandangan. Ditengah perjalanan, kami sekelas karaoke. Kami menyanyikan lagu barat, korea, juga lagu Indonesia tentunya. Karena ada beberapa murid yang capai menyanyi, akhirnya beberapa murid tertidur. Perjalanan ke Laborotorium Permata memakan waktu sekitar 2 jam.

Sesampainya disana, kami langsung turun dari bis dan diberikan LKS(Lembar Kerja Siswa). Sebelum pergi ke laborotorium, kami 1 angkatan dikumpulkan di Gedung Pusat Informasi Puspitek.

Kami disambut oleh pihak puspitek diberi pengarahan, pemberian cinderamata dan menonton film dokumentasi tentang Puspitek. Selesai menonton,  kami menuju bis untuk mengambil dan memakai jas lab dan pergi ke laborotorium yang telah ditentukan.

Saat di bis, kami langsung memakai jas lab dan menunggu sekitar 5 menit agar sampai ke laborotorium. Selama 5 menit kami dijelaskan pemandangan di Puspitek, seperti taman, rumah adat, playground, dan lain-lain. Kelas 7C menuju ke laborotorium B2TKE-BPPT . Saat kami sampai disana, kami disambut oleh Bu Risma dan diarahkan ke laborotorium.Tiba di laborotorium, kami diberi tahu berbagai hal yang ada disana oleh Pak Louis, pemegang laborotorium tersebut. Fungsi laborotorium tersebut adalah menguji peralatan rumah tangga. Selesai menjelaskan kami diberi brosur, berfoto sekelas dan melanjutkan perjalanan.

Kita kembali ke bis dan mendapat makan siang KFC dan  mendapat minum aqua gelas. Sebelumnya kami meletakkan jas lab kita di tas masing-masing. Lalu kita makan dengan lahap. Selesai makan kami membuang sampah di tempatnya dan melanjutkan perjalanan. Kami menuju ke TMII ( Taman Mini Indonesia Indah ). Perjalanan kesana memakan waktu sekitar 1 jam.

Saat kita sampai disana kami mengganti baju batik menjadi baju angkatan, yang perempuan mengambil mukena karena kita akan melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Diponegoro. Kita turun dari bis dan berganti baju di toilet. Setelah itu kami bergegas berwudhu dan Sholat Dzuhur berjamaah. Selesai sholat kami kembali ke bis dan melanjutkan perjalanan ke Skyworld.

Di Skyworld, kami diberikan sambutan dan penjelasan dari pihak Skyworld terlebih dahulu, juga kami menonton film tentang tata surya seperti bumi, matahari, saturnus, galaksi dan lain-lain. Saking lama filmnya, sampai-sampai ada murid yang tertidur saaat film berlangsung. Setelah kami menonton film, kami keluar dari ruangan tersebut. Lalu kami mengerjakan LKS dan berfoto-foto untuk video dokumentasi.

Disana, kami melihat kostum astronot, roket yang dibuat Indonesia, teori bigbang, teropong, juga tokoh-tokoh astronomi dari Indonesia dan Negara lain.

Setelah puas melihat-melihat kami mengantri untuk menonton film 4dimensi. Saat mengantri, kami diberi pizza. Saat memasuki studionya kami diberi kacamata 3dimensi agar mendapat sensasi yang lebih seru.Juga, saat menonton kursi digerakkan sesuai gerakan pemain film tersebut. Film yang kita tonton menceritakan tentang seseorang yang sedang menaiki roller coaster.

Sesudah menonton, kami menuju ke planetarium. Planetarium disini tidak jauh beda dari planetarium di Taman Ismail Marzuki, hanya sedikit lebih kecil disbanding yang di Taman Ismail Marzuki. Disitu, kami melihat ras-ras bintang, tata surya, revolusi dan rotasi bumi dan lain-lain. Selesai menonton, kami keluar dari planetarium, ada beberapa murid yang ingin jajan popmie dan minuman hangat. Lalu kami berjalan menuju bis masing-masing.

Di bis kami mengambil mukena dan bergegas ke Masjid Diponogoro menggunakan bis untuk melaksanakan Sholat Ashar dan Sholat Maghrib. Saat itu, keadaaan cuaca sedang hujan deras. Jadinya, kami harus menerobos hujan agar sampai ke masjid. Di Masjid kami bergegas berwudhu karena jam Sholat Ashar sudah mau selesai. Kami melaksanakan Sholat Ashar berjamaah lalu kami melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah. Selesai sholat, kami kembali ke bis dan pulang ke SMP Labschool Jakarta. Banyak murid yang tertidur selama perjalanan pulang ke sekolah. Kami sampai di sekolah sekitar jam 7 / 8.